Arrow

Also in Category...


Tahap – tahap yang dilakukan dalam pengembangan desain pembelajaran ini adalah sebagai berikut :
a.      Tahap Pendefinisian
Tahap ini memiliki tujuan untuk menetapkan dan mendefinisikan syarat – syarat pembelajaran. Pada tahap ini dilakukan analisis tujuan dalam batasan materi yang akan dikembangkan desain pembelajaranya. Langkah – langkah pokok yang ada dalam tahapan ini adalah sebagai berikut :
1.      Analisis Awal Akhir (Front – End Analysis)
Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui pemasalahan mendasar dalam pembelajaran sehingga mengharuskan untuk dikembangkan desain pembelajaran. Beberapa hal yang harus diperhatikan pada langkah ini yaitu kurikulum yang digunakan dan pendekatan pembelajaran yang relevan.
2.      Analysis Siswa (Learner Analysis)
Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui karakteristik siswa yang sesuai dengan desain pembelajaran yang akan dikembangkan. Karakteristik yan dianalisis tersebut adalah kemampuan akademis, dan perkembangan kognitif siswa.
3.      Analysis konsep (Consept Analysis)
Tahapan ini harus sesuai dengan hasil dari analisis tahap akhir, yang dilakukan pada tahap ini adalah mengidentifikasi, memerinci dan menyusun secara sistematis konsep utama yang akan diajarkan kepada siswa. Langkah – langkah pada tahap ini digunakan untuk menyusun Kompetensi Dasar (KD) dan indikator.
4.      Analysis Tugas (Task Analysis)
Dalam tahap ini dilakukan identifikasi berbagai keterampilan – keterampilan utama yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran yang akan dikembangkan desain pembelajarannya. Setiap keterampilan dianalisis kedalam sub – sub keterampilan yang lebih spesifik lagi.
5.      Spesifikasi Tujuan Pembelajaran (Spesification Of Objectives)
Spesifikasi tujuan pembelajaran disusun berdasarkan Standar Kompetensi yang akan dikembangkan. Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan penjabaran Kompetensi Dasar (KD) dan kemudian merumuskan indikator yang sesuai dengan hasil analysis materi dan analysis tugas yang telah dillakukan.

Indikator Penilaian Lembar Aktivitas Siswa
1.        Siswa termotivasi dalam belajar
B = Jika setengah dari jumlah siswa bersemangat menjawab pertanyaan motivasi yang
diberikan guru
C = Jika seperempat dari jumlah siswa bersemangat menjawab pertanyaan motivasi yang
diberikan guru
K =  Jika kurang dari seperempat dari jumlah siswa bersemangat menjawab pertanyaan
motivasi yang diberikan guru

2.        Siswa menjawab pertanyaan prasyarat
B = Jika setengah dari jumlah siswa mengacungkan tangan untuk menjawab pertanyaan
prsyarat
C = Jika seperempat dari jumlah siswa mengacungkan tangan untuk menjawab pertanyaan
prasyarat
K = Jika kurang dari seperempat jumlah siswa mengacungkan tangan untk menjawab
pertanyaan prasyarat

3.        Siswa fokus dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan guru
B = Jika seluruh siswa fokus dan berkonsentrasi dalam memahami materi pelajaran yang
disampaikan guru
C = Jika besar dari setengah jumlah siswa fokus dan berkonsentrasi dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan guru.
K = Jika kurang dari setengah jumlah siswa yang fokus dan berkonsentrasi dalam
memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.

4.        Siswa memahami materi pelajaran yang telah disampaikan oleh guru
B = Jika pertanyaan yang diberikan oleh guru sebagian besar siswa menjawab dengan benar
C = jika pertanyaan yang diberikan guru sebagian kecil siswa menjawab dengan benar
K = Jika pertanyaan oleh guru tidak dijawab dijawab oleh siswa

5.        Siswa merespon Pertanyaan dari guru
B = Jika setengah dari jumlah siswa mengangkat tangan untuk menjawab
C = Jika seperempat dari jumlah siswa mengangkat tangan untuk menjawab
K = Jika kurang dari seperempat jumlah siswa yang mengangkat tangan untuk menjawab

6.        Siswa menikmati musik yang diputar oleh guru
B = Jika semua siswa mengerjakan LKS dengan menikmati alunan musik
C = Jika kurang dari setengah jumlah siswa yang mengerjakan LKS dengan menikmati
lunan musik yang diputar oleh guru.
K = Jika kurang dari seperempat jumlah siswa yang mengerjakan LKS dengan menikmati
alunan musik yang diputar oleh guru.

7.        Siswa bekerja sendiri dalam mengerjakan LKS.
B = Jika semua siswa bekerja sendiri dalam mengerjakan LKS
C = Jika sebagian siswa bekerja sendiri dalam mengerjakan LKS
K = Jika siswa mencontoh LKS temannya

8.        Siswa mengerjakan LKS sesuai dengan arahan guru
B = Jika semua siswa mengerjakan LKS sesuai dengan arahan guru
C = Jika setengah dari jumlah siswa mengerjakan LKS sesuai dengan arahan guru
K = Jika seperempat dari jumlah siswa mengerjakan LKS sesuai dengan arahan guru

9.        Siswa menghubungkan materi-materi pelajaran kedalam cabang–cabang mind mapping dengan baik
B = Jika semua siswa dapat menghubungkan materi-materi pelajaran kedalam cabang-
cabang mind mapping  dengan benar
C = Jika setengah dari jumlah siswa dapat menghubungkan materi-materi pelajaran kedalam
cabang-cabang mind mapping dengan benar
K = Jika seperempat dari jumlah siswa dapat menghubungkan materi-materi pelajaran
kedalam cabang-cabang mind mapping dengan benar

10.    Siswa mengerjakan latihan dalam LKS dan menanyakan kepada guru hal-hal yang tidak dipahami
B = Jika sebagian siswa bertanya mengenai hal-hal yang tidak dipahami dalam mengerjakan
LKS dengan tertib
C = Jika siswa bertanya mengenai hal-hal yang tidak dipahami dalam mengerjakan LKS
dengan ribut
K = Jika siswa tidak bertanya mengenai hal-hal yang tidak dimengerti dalam mengerjakan
LKS

11.    Siswa mempresentasikan hasil diskusinya
B = Jika siswa mempresentasikan hasil diskusinya dengan lancar dan jelas
C = Jika siswa mempresentasikan hasil diskusinya kurang lancar dan jelas
K = Jika siswa tidak mau mempresentasikan hasil diskusinya

12.    Siswa bertanya dan menggapi temannya yang tampil
B = Jika siswa menanggapi temannya yang tampil dengan jelas dan sesuai dengan topik
presentasi temannya
C = Jika siswa menanggapi hasil presentasi temannya yang tampil kurang jelas dan tidak
sesuai dengan topik presentasi temannya
K = Jika siswa tidak menanggapi hasil presentasi temannya

13.    Siswa menghargai dan mendengarkan pertanyaan, serta tanggapan dari siswa lain
B = Jika seluruh siswa tenang dan menghargai serta mendengarkan tanggapan dari siswa
lain
C = Jika sebagian siswa tenang dan mengahargai serta mendengarkan tanggapan dari siswa
lain dan sebagain lagi meribut dan tidak mengacuhkan
K = Jika semua siswa meribut dan tidak mengacuhkan temannya yang presentasi

14.    Siswa dapat menyimpulkan tujuan pembelajaran hari ini
B = Jika sebagain besar siswa dapat menjawab pertanyaan guru ketika refleksi pembelajaran
C = Jika kurang dari setengah jumlah siswa dapat menjawab dan menyimpulkan tujuan
pembelajaran hari ini ketika refleksi pembelajaran
K = Jika kurang dari seperempat jumlah siswa dapat menjawab dan menyimpulkan tujuan
pembelajaran hari ini.

15.    Siswa merasa senang melakukan perayan pembelajaran
B = Jika semua siswa mengikuti instruksi dari guru untuk merayakan pembelajaran sambil
bergembira
C =  Jika hanya sebagin dari jumlah siswa yang mengikuti instruksi dari guru untuk
merayakan pembelajaran sambil bergembira
K = Jika kurang dari seperempat dari jumlah siswa yang hanya mengikuti instruksi dari guru untuk merayakan pembelajaran sambil bergembira


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                : SMAN .....................
Mata Pelajaran     : Matematika
Kelas/Semester    : X/ Ganjil
Pertemuan Ke-     :
Alokasi Waktu     : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi   : 2.    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.
Kompetensi Dasar      : 2.1. Memahami konsep fungsi.
Indikator                      : 1.    Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi.
                                        2.    Mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.

A.      Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi.
2.      Siswa dapat mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.

B.     Materi Ajar
a.    Pengertian fungsi.
b.    Fungsi aljabar sederhana dan kuadrat.

C.    Metode Pengajaran
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Pemberian Tugas


D.    Langkah-langkah Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1)      Guru menyampaikan materi apa yang ingin dipelajari dan tujuan yang ingin dicapai dari materi yang akan diajarkan
2)      Guru memotivasi siswa apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan dapat mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
Kegiatan Inti (70 menit)
1)      Sebelum masuk ke materi Relasi & Fungsi, Guru mengulang kembali  materi yang telah diajarkan di SMP dengan cara bertanya kepada siswa yaitu tentang pasangan terurut, produk Cartesius sebagai prasyarat untuk mempelajari materi Relasi & Fungsi.
2)      Guru menjelaskan tentang materi Relasi & Fungsi dan memberikan perbedaan antara Relasi yag merupakan Fungsi dan Relasi yang bukan merupakan Fungsi yang disertai dengan contoh-contoh.
3)      Guru melakukan tanya jawab kepada siswa untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi dan mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi.
4)      Guru mengajukan soal-soal latihan kepada siswa untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap materi.
     Penutup (20 menit)
1)      Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
(Relasi adalah suatu himpunan yang anggota-anggotanya terdiri dari pasangan-pasangan terurut
            Sedangkan Relasi dari himpunan A ke himpunan B disebut Fungsi atatu pemetaan jika dan hanya jika tiap unsur dalam himpunan A berpasangan tepat hanya dengan sebuah unsur dalam himpunan B)
2)      Guru memberikan pekerjaan rumah


E.Alat dan Sumber belajar
1.      Buku paket, buku Matematika untuk SMA 1A Kelas X semester, Pengarang: Sartono Wirodikromo , Penerbit: Erlangga
2.      Buku Paket, Theory and Apllication of Mathematics for Grade X of Senior High School and Islamic High School, Pengarang: Siswanto, Penerbit: Erlangga
3.      Buku referensi lain

F.     Penilaian
1.      Teknik Penilaian
Tes Tertulis berupa tes akhir.
2.      Bentuk Instrument
Tes akhir berbentuk uraian.

 
       Guru Pamong


--------------------------------------
NIP.
                       
Bengkulu,      Oktober 2011
                    Praktikan


-----------------------------


Mengetahui
Dosen Pembimbing

----------------------------------------
NIP.


Followers