Mengenai pendekatan pemecahan masalah (problem solving
approach), maka berikut ini karakteristik khusus pendekatan pemecahan
masalah (Taplin, 2011). “
1.
Adanya interaksi
antar siswa dan interaksi guru dan siswa.
2.
Adanya dialog
matematis dan konsensus antar siswa.
3. Guru menyediakan
informasi yang cukup mengenai masalah, dan siswa mengklarifikasi,
menginterpretasi, dan mencoba mengkonstruksi penyelesaiannya.
4.
Guru menerima
jawaban ya-tidak bukan untuk mengevaluasi.
5.
Guru membimbing,
melatih dan menanyakan dengan pertanyaan-pertanyaan berwawasan dan berbagi
dalam proses pemecahan masalah.
6. Guru mengetahui
kapan campur tangan dan kapan mundur membiarkan siswa menggunakan caranya
sendiri.
7. Karakteristik selanjutnya adalah bahwa pendekatan
pemecahan masalah dapat digunakan untuk mendorong siswa membuat generalisasi
tentang aturan dan konsep, sebuah proses pusat dalam matematika”
Adapun strategi umum yang biasa ditempuh dalam problem
solving menurut Krismanto (2003) ,
yaitu : Membuat gambar atau diagram, Bergerak dari
belakan, Menebak secara bijak dan
mengujinya, Menemukan pola, Mempertimbangkan
yang ekstrim, mengabaikan hal yang tidak mungkin, Mengorganisasi data, Menggunakan
komputer atau kalkullator, Menggunakan
berfikir logis, Mencobakan pada permasalahan yang labih sederhana, Memperhitungkan
setiap kemungkinan, dan mengambil sudut pandang yang berbeda.
No comments: