Arrow

Also in Category...

Pendekatan Pembelajaran Problem Solving

Posted by Matthew ~ on Tuesday, February 14, 2012 ~ 0 comments


Pendekatan pemecahan masalah (problem solving approach) menekankan pada pengajaran untuk berpikir tentang cara memecahkan masalah dan pemrosesan informasi matematika (Abdurrahman, 2003:257).


Mengenai pendekatan pemecahan masalah (problem solving approach), maka berikut ini karakteristik khusus pendekatan pemecahan masalah (Taplin, 2011).
1.      Adanya interaksi antar siswa dan interaksi guru dan siswa.
2.      Adanya dialog matematis dan konsensus antar siswa.
3.  Guru menyediakan informasi yang cukup mengenai masalah, dan siswa mengklarifikasi, menginterpretasi, dan mencoba mengkonstruksi penyelesaiannya.
4.      Guru menerima jawaban ya-tidak bukan untuk mengevaluasi.
5.      Guru membimbing, melatih dan menanyakan dengan pertanyaan-pertanyaan berwawasan dan berbagi dalam proses pemecahan masalah.
6.    Guru mengetahui kapan campur tangan dan kapan mundur membiarkan siswa menggunakan caranya sendiri.
7.  Karakteristik selanjutnya adalah bahwa pendekatan pemecahan masalah dapat digunakan untuk mendorong siswa membuat generalisasi tentang aturan dan konsep, sebuah proses pusat dalam matematika


Adapun strategi umum yang biasa ditempuh dalam problem solving menurut Krismanto (2003) ,  yaitu :  Membuat gambar atau diagram, Bergerak dari belakan,  Menebak secara bijak dan mengujinya,  Menemukan pola, Mempertimbangkan yang ekstrim, mengabaikan hal yang tidak mungkin, Mengorganisasi data, Menggunakan komputer atau kalkullator,  Menggunakan berfikir logis, Mencobakan pada permasalahan yang labih sederhana, Memperhitungkan setiap kemungkinan, dan mengambil sudut pandang yang berbeda.


Related Posts

No comments:

Leave a Reply

Followers