Arrow

Also in Category...

Pembelajaran Konvensional

Posted by Matthew ~ on Tuesday, May 1, 2012 ~ 0 comments


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2003:592) konvensional artinya berdasarkan kebiasaan atau tradisional. Jadi, pembelajaran konvensional adalah pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru. Menurut Ruseffendi (1991:290) metode ekspositori merupakan cara mengajar yang konvensional pada pengajaran matematika.


Metode ekspositori merupakan suatu cara untuk menyampaikan informasi secara lisan ataupun tulisan. Pada umumnya metode ini berlangsung satu arah, pengajar memberikan ide/gagasan dan peserta didik menerimanya, materi sudah disusun oleh pengajar secara sistematik (Hudojo,1990:123).
Metode ekspositori sering kali disamakan dengan metode ceramah karena sifatnya sama-sama memberi informasi dan pengajaran berpusat pada guru. Namun ada perbedaan antara metode ceramah dengan metode ekspositori yaitu : dominasi guru pada metode ekspositori banyak dikurangi, guru tidak terus bicara (apakah siswa mengerti atau tidak), tetapi guru memberikan informasi hanya pada saat-saat atau bagian-bagian yang diperlukan; misalnya pada permulaan pengajaran, pada topik yang baru, pada saat memberikan contoh soal dan sebagainya (Ruseffendi,1991:289).


Related Posts

No comments:

Leave a Reply

Followers