Arrow
There was an error in this gadget

Also in Category...

Pengembangan Desain Pembelajaran

Posted by Tri Syaputra ~ on Wednesday, July 18, 2012 ~ 0 comments


Tahap – tahap yang dilakukan dalam pengembangan desain pembelajaran ini adalah sebagai berikut :
a.      Tahap Pendefinisian
Tahap ini memiliki tujuan untuk menetapkan dan mendefinisikan syarat – syarat pembelajaran. Pada tahap ini dilakukan analisis tujuan dalam batasan materi yang akan dikembangkan desain pembelajaranya. Langkah – langkah pokok yang ada dalam tahapan ini adalah sebagai berikut :
1.      Analisis Awal Akhir (Front – End Analysis)
Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui pemasalahan mendasar dalam pembelajaran sehingga mengharuskan untuk dikembangkan desain pembelajaran. Beberapa hal yang harus diperhatikan pada langkah ini yaitu kurikulum yang digunakan dan pendekatan pembelajaran yang relevan.
2.      Analysis Siswa (Learner Analysis)
Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui karakteristik siswa yang sesuai dengan desain pembelajaran yang akan dikembangkan. Karakteristik yan dianalisis tersebut adalah kemampuan akademis, dan perkembangan kognitif siswa.
3.      Analysis konsep (Consept Analysis)
Tahapan ini harus sesuai dengan hasil dari analisis tahap akhir, yang dilakukan pada tahap ini adalah mengidentifikasi, memerinci dan menyusun secara sistematis konsep utama yang akan diajarkan kepada siswa. Langkah – langkah pada tahap ini digunakan untuk menyusun Kompetensi Dasar (KD) dan indikator.
4.      Analysis Tugas (Task Analysis)
Dalam tahap ini dilakukan identifikasi berbagai keterampilan – keterampilan utama yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran yang akan dikembangkan desain pembelajarannya. Setiap keterampilan dianalisis kedalam sub – sub keterampilan yang lebih spesifik lagi.
5.      Spesifikasi Tujuan Pembelajaran (Spesification Of Objectives)
Spesifikasi tujuan pembelajaran disusun berdasarkan Standar Kompetensi yang akan dikembangkan. Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan penjabaran Kompetensi Dasar (KD) dan kemudian merumuskan indikator yang sesuai dengan hasil analysis materi dan analysis tugas yang telah dillakukan.


Related Posts

No comments:

Leave a Reply

Follow by Email

Followers