Tahap – tahap yang dilakukan dalam pengembangan desain
pembelajaran ini adalah sebagai berikut :
a.
Tahap Pendefinisian
Tahap ini memiliki tujuan untuk menetapkan dan
mendefinisikan syarat – syarat pembelajaran. Pada tahap ini dilakukan analisis
tujuan dalam batasan materi yang akan dikembangkan desain pembelajaranya.
Langkah – langkah pokok yang ada dalam tahapan ini adalah sebagai berikut :
1. Analisis Awal Akhir (Front – End Analysis)
Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui
pemasalahan mendasar dalam pembelajaran sehingga mengharuskan untuk
dikembangkan desain pembelajaran. Beberapa hal yang harus diperhatikan pada
langkah ini yaitu kurikulum yang digunakan dan pendekatan pembelajaran yang
relevan.
2. Analysis Siswa (Learner Analysis)
Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui
karakteristik siswa yang sesuai dengan desain pembelajaran yang akan
dikembangkan. Karakteristik yan dianalisis tersebut adalah kemampuan akademis,
dan perkembangan kognitif siswa.
3. Analysis konsep (Consept Analysis)
Tahapan ini harus sesuai dengan hasil dari analisis tahap
akhir, yang dilakukan pada tahap ini adalah mengidentifikasi, memerinci dan
menyusun secara sistematis konsep utama yang akan diajarkan kepada siswa.
Langkah – langkah pada tahap ini digunakan untuk menyusun Kompetensi Dasar (KD)
dan indikator.
4. Analysis Tugas (Task Analysis)
Dalam tahap ini dilakukan identifikasi berbagai
keterampilan – keterampilan utama yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran
yang akan dikembangkan desain pembelajarannya. Setiap keterampilan dianalisis
kedalam sub – sub keterampilan yang lebih spesifik lagi.
5. Spesifikasi Tujuan Pembelajaran (Spesification Of
Objectives)
Spesifikasi tujuan pembelajaran disusun berdasarkan Standar
Kompetensi yang akan dikembangkan. Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah
melakukan penjabaran Kompetensi Dasar (KD) dan kemudian merumuskan indikator
yang sesuai dengan hasil analysis materi dan analysis tugas yang telah
dillakukan.
No comments: