Arrow

Also in Category...

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Posted by Matthew ~ on Wednesday, July 18, 2012 ~ 0 comments


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                : SMAN .....................
Mata Pelajaran     : Matematika
Kelas/Semester    : X/ Ganjil
Pertemuan Ke-     :
Alokasi Waktu     : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi   : 2.    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.
Kompetensi Dasar      : 2.1. Memahami konsep fungsi.
Indikator                      : 1.    Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi.
                                        2.    Mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.

A.      Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi.
2.      Siswa dapat mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.

B.     Materi Ajar
a.    Pengertian fungsi.
b.    Fungsi aljabar sederhana dan kuadrat.

C.    Metode Pengajaran
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Pemberian Tugas


D.    Langkah-langkah Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1)      Guru menyampaikan materi apa yang ingin dipelajari dan tujuan yang ingin dicapai dari materi yang akan diajarkan
2)      Guru memotivasi siswa apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan dapat mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
Kegiatan Inti (70 menit)
1)      Sebelum masuk ke materi Relasi & Fungsi, Guru mengulang kembali  materi yang telah diajarkan di SMP dengan cara bertanya kepada siswa yaitu tentang pasangan terurut, produk Cartesius sebagai prasyarat untuk mempelajari materi Relasi & Fungsi.
2)      Guru menjelaskan tentang materi Relasi & Fungsi dan memberikan perbedaan antara Relasi yag merupakan Fungsi dan Relasi yang bukan merupakan Fungsi yang disertai dengan contoh-contoh.
3)      Guru melakukan tanya jawab kepada siswa untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi dan mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi.
4)      Guru mengajukan soal-soal latihan kepada siswa untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap materi.
     Penutup (20 menit)
1)      Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
(Relasi adalah suatu himpunan yang anggota-anggotanya terdiri dari pasangan-pasangan terurut
            Sedangkan Relasi dari himpunan A ke himpunan B disebut Fungsi atatu pemetaan jika dan hanya jika tiap unsur dalam himpunan A berpasangan tepat hanya dengan sebuah unsur dalam himpunan B)
2)      Guru memberikan pekerjaan rumah


E.Alat dan Sumber belajar
1.      Buku paket, buku Matematika untuk SMA 1A Kelas X semester, Pengarang: Sartono Wirodikromo , Penerbit: Erlangga
2.      Buku Paket, Theory and Apllication of Mathematics for Grade X of Senior High School and Islamic High School, Pengarang: Siswanto, Penerbit: Erlangga
3.      Buku referensi lain

F.     Penilaian
1.      Teknik Penilaian
Tes Tertulis berupa tes akhir.
2.      Bentuk Instrument
Tes akhir berbentuk uraian.

 
       Guru Pamong


--------------------------------------
NIP.
                       
Bengkulu,      Oktober 2011
                    Praktikan


-----------------------------


Mengetahui
Dosen Pembimbing

----------------------------------------
NIP.



Related Posts

No comments:

Leave a Reply

Followers