Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah :
SMAN .....................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Pertemuan
Ke- :
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi,
persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.
Kompetensi Dasar : 2.1. Memahami konsep fungsi.
Indikator : 1. Membedakan
relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi.
2. Mengidentifikasi
fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat membedakan
relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi.
2.
Siswa dapat mengidentifikasi
fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
B. Materi Ajar
a.
Pengertian
fungsi.
b.
Fungsi
aljabar sederhana dan kuadrat.
C.
Metode
Pengajaran
Metode : Ceramah, Tanya Jawab,
Pemberian Tugas
D.
Langkah-langkah
Kegiatan
Pendahuluan (10
menit)
1) Guru menyampaikan materi apa
yang ingin dipelajari dan tujuan yang ingin dicapai dari materi yang akan
diajarkan
2)
Guru memotivasi siswa apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik akan dapat mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
Kegiatan Inti (70 menit)
1)
Sebelum
masuk ke materi Relasi & Fungsi, Guru mengulang kembali materi yang telah diajarkan di SMP dengan cara
bertanya kepada siswa yaitu tentang pasangan terurut, produk Cartesius sebagai
prasyarat untuk mempelajari materi Relasi & Fungsi.
2)
Guru
menjelaskan tentang materi Relasi & Fungsi dan memberikan perbedaan antara
Relasi yag merupakan Fungsi dan Relasi yang bukan merupakan Fungsi yang
disertai dengan contoh-contoh.
3)
Guru
melakukan tanya jawab kepada siswa untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap
materi dan mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi.
4)
Guru
mengajukan soal-soal latihan kepada siswa untuk memperdalam pemahaman siswa
terhadap materi.
Penutup (20 menit)
1)
Guru
membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
(Relasi adalah suatu himpunan yang anggota-anggotanya
terdiri dari pasangan-pasangan terurut
Sedangkan Relasi dari himpunan A ke
himpunan B disebut Fungsi atatu pemetaan jika dan hanya jika tiap unsur dalam
himpunan A berpasangan tepat hanya dengan sebuah unsur dalam himpunan B)
2)
Guru memberikan pekerjaan rumah
E.Alat
dan Sumber belajar
1.
Buku
paket, buku Matematika untuk SMA 1A Kelas X semester, Pengarang:
Sartono Wirodikromo , Penerbit: Erlangga
2.
Buku Paket, Theory and Apllication of Mathematics for Grade X of Senior High School
and Islamic High School, Pengarang: Siswanto, Penerbit: Erlangga
3.
Buku
referensi lain
F.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
Tes
Tertulis berupa tes akhir.
2.
Bentuk Instrument
Tes akhir berbentuk uraian.
Guru Pamong
--------------------------------------
NIP.
|
Bengkulu, Oktober 2011
Praktikan
-----------------------------
|
Mengetahui
Dosen Pembimbing
----------------------------------------
NIP.
|
No comments: